7/26/09

Fungsi Otomatis

Kata Eko Laksono, Critical Mass yang sedang dialami bangsa ini saat ini pada saatnya nanti juga akan berakhir. Itu otomatis, ketika semakin banyak orang yang mengerti tentang  kemajuan pribadi untuk kemajuan bangsa, ketika jumlah orang-orang yang sadar itu mencukupi, maka secara otomatis bangsa ini akan bangkit.

Begitulah, sebenarnya kesuksesan hanyalah sebuah result yang merupakan fungsi otomatis atas cause-cause sebelumnya. Oleh karenanya, tugas kita bukanlah memikirkan kesuskesan itu sebagai obyek, tetapi menjadikan diri kita subyek untuk fokus mengupayakan cause-cause hingga jumlahnya mencukupi untuk membuat tombol sukses ter-klik secara otomatis.

Misalnya, kita sudah belajar banyak hal, mengusahakan banyak hal, tapi kok hasil yang didapat tak seperti yang diharapkan, atau istilahnya sukses tidak kunjung tercapai. Ya sudah, mau bagaimana lagi, kesuksesan tidaklah hadir dengan kita menuntutnya, kita pikirkan dan perbuat saja apa yang bisa dan memungkinkan. Nanti kalau tindakan dan pemikiran kita secara volume sudah memadai, maka harga suksespun akan tertebus dan fungsi otomatis yang akan menghadirkan kesuksesanpun akan terklik.

Sehingga, kita musti sadari, bukan kapasitas kita menuntut diri dan mempersalahkan diri sendiri untuk mempertanyakan kesuksesan yang tak kunjung datang. Kapasitas kita hanya mengevaluasi, sudah seberapa banyak volume tindakan dan pemikiran kita yang searah konstruktif membangun kesukesan, jangan-jangan belum seberapa.

Percayalah, tidak ada yang sia-sia dan dalam sukses itu berlaku fungsi otomatis. Oke?

No comments:

Post a Comment